Home » , , , , , , , » Restorasi Tangki RX-SPC Bocor Tanpa Las, Tanpa Solder (Kuat Selamanya)-Part 1

Restorasi Tangki RX-SPC Bocor Tanpa Las, Tanpa Solder (Kuat Selamanya)-Part 1

Restorasi Tangki RX-SPC


Assalamualaikum wr. wb
Alhamdulillah pada kali ini saya masih diberi kesempatan untuk menulis tutorial terkait otomotif  khususnya motor yang masih masuk dalam keluarga RX-Series. Motor RX-Series masuk dalam kategori motor antik,  karena sudah lahir sejak era tahun 80 an. Selain pada bagian mesin, masalah yang paling sering muncul terdapat pada bagian tangki yang dimakan karat, atau bahasa jawanya teyeng, atau nrentheng. Tangki berkarat menimbulkan lubang, umumnya bagian bawah tangki dan yang paling sering di deket area keran bensin. Terdapat beberapa alternatif untuk mengatasi tangki motor keropos karena karat diantaranya, Kebanyakan para rider melakukan Las untuk mengganti lantai tangki dengan plat baru, namun tetap saja suatu saat plat tersebut akan dimakan karat atau bahkan malah muncul masalah baru, karena bekas las atau "Tai Besi"  biasanya tertinggal dalam tangki sewaktu dilakukan pengelasan. Tai besi yang tertinggal dalam tangki bisa menyebabkan keran bensi tersumbat, atau bahkan timbul kerak baru. Solusi lain dengan dibawa ke tukang patri radiator atau panci atau almunium, biasanya lubang bocor akan disolder dengan timah khusus, cara ini lumayan ampuh namun tidak dapat bertahan lama karena namanya tangki kalau sudah keropos biasanya muncul dari dalam di posisi yang tidak diketahui, alhasil anda pasti akan melakukan tambal tangki lagi.
Beberapa solusi pada paragraf sebelumnya dapat di sempurnakan dengan solusi yang sudah saya praktekkan. Menggunakan bahan tanpa api pun bisa membuat tangki kuat bahkan berumur panjang. Berikut ini akan saya bahas cara mengatasi tangki bocor tanpa las, dan tanpa solder. Apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan?, simak pembahasannya sebagai berikut:

A. ALAT DAN BAHAN
Alat dan Bahan


1. Lem Super, dalam praktek ini saya menggunakan Lem Dextone, selain itu yang saya rekomendasikan karena saya sudah mencoba yaitu lem Super Alte*o
Lem Super Dextone


2. Filter Rokok
3. Kertas Grenjeng Rokok
Kertas Grenjeng Rokok


4. Resin + Katalis (Hardener)
Sebelah Kiri (Hardener), Sebelah kanan Resin


5. Sikat Baja Jika ada, dapat juga digantikan dengan Amplas Kasar (No 120, 240, 400 Sesuai kondisi permukaan plat, semakin kasar permukaan karat semakin kasar kertas gosok yang digunakan). Semakin kecil nomor kertas amplas semakin kasar permukaannya.
Sikat Baja

Kertas Gosok


6. Korek Api.
Korek Api Gas


7. Cat Meni Besi (Tidak wajib, karena sudah ada resin)
8. Sabun Cuci Piring Cair
9. Air Panas (Agar cepat proses merontokkan karat dalam tangki).

B. LANGKAH-LANGKAH
1. Bakar kertas grenjeng rokok sampai hanya tersisa kuningannya.
2. Lepas keran bensin, Keluarkan bensin dari dalam tangki kuras dan bersihkan dengan air panas+sabun cuci piring cair, kemudian kocok sampai karat dalam tangki rontok keluar, tutup lubang keran bensin.
3. Bersihkan permukaan luar tangki yang bocor/biasanya ditandai dengan cat yang menggembung dengan sikat baca/amplas sampai mengkilap. (Biasanya lubang akan bertambah karena lapisan plat tangki sudah tipis akibat korosi karat.
4. Jika sudah ditemukan lubang tambal dengan perlakuan sebagai berikut:
a. Untuk lubang Kecil: Tutup lubang menggunakan spon filter rokok sampai padat, kemudian olesi filter dan sekitar lubang menggunakan lem super sampai filter mengeras.
b. Untukm lubang besar : Olesi sekitar lubang dengan lem super, kemudian tutup dengan bakaran kertas grenjeng rokok, kemudian setelah kertas grenjeng menempel pada tangki, olesi permukaan grenjeng dengan lem super dan tempeli lagi dengan serat filter rokok, olesi lagi sampai permukaan kers seperti fiber.
Tangki Yang Sudah Ditambal Grenjeng dan Di Olesi cat meni Besi warna Hitam (Saya lupa dokumentasi saat menambal lubang dengan lem, yang penting ikut saja langkahnya)


5. Sambil menunggu lem kering, siapkan resin + katalis (Hardener) dalam wadah kering ukuran perbandingan campuran resin dan katalis yaitu 1kg Resin+1 ons Katalis/Hardener. 
Pada uji coba ini saya menggunakan 1/4kg resin + 1/4 Ons Katalis (Dikira-kira).Hehehehe. 
6. Tuangkan resin ke dalam tangki kemudian gerakkan untuk meratakan resin ke seluruh permukaan dalam tangki.
7. Tunggu 1x24 Jam
Tuangkan Resin ke Dalam tangki


8. Setelah kering ulangi sekali lagi langkah 5,6,7. 

Kegunaan resin adalah untuk menutup pori-pori dan lubang kecil dari permukaan dalam tangki yang diakibatkan karat, atau mengunci permukaan dalam tangki agar tidak muncul karat baru. Untuk mempercepat pengeringan, anda juga dapat menggunakan hairdreyer, menggunakan putaran angin sedang dan suhu sedang ditiupkan melalui lubang tangi, tapi ingat saat meniupkan usahakan ada lubang dari sela-sela hair dryer agar terjadi sirkulasi udara dalam tangki. Selesai, pada postingan berikutnya akan saya bahas kelanjutan pengecetan permukaan luar tangki sampai selesai dalam postingan yang berjudul Restorasi Tangki RX-SPC Bocor Tanpa Las, Tanpa Solder (Kuat Selamanya)-Part 2.
Wassalamualaikum wr. wb

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Restorasi Tangki RX-SPC Bocor Tanpa Las, Tanpa Solder (Kuat Selamanya)-Part 1

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar: