Beli Batere Laptop Baru, Tapi Tidak Detect?

Assalamualaikum wr.wb. Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk berbagi dan mempelajari pengetahuan yang bermanfaat. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tulisan yang mungkin bermafaat bagi kita semua terkait trik membeli baterai laptop, agar tidak sampai salah. Permasalahan yang sering terjadi adalah "beli baterai sudah baru, original, model sama, tapi laptop kok masih bermasalah, padahal sudah dipastikan hanya baterai yang rusak!". Kasus tersebut juga sering terjadi apabila pembeli melakukan pembelian secara online, bahkan beli secara offline pun bisa terjadi hal demikian. Masalah tersebut belum tentu kesalahan dari pihak penjual. Ada beberapa tips agar anda tidak mengalami masalah demikian. Berikut akan saya bahas secara lengkap dan detail tips dan kiat-kiat sebelum membeli baterai laptop.
Contoh Baterai Laptop


A. PASTIKAN BETUL BATERAI YANG LAMA RUSAK, SEBELUM GANTI BATERAI BARU
Harga baterai laptop yang terbilang mahal harusany membuat kita berhati-hati dalam membeli. Jika sampai keliru membeli, maka bukan laptop kita yang sembuh, malah bisa membuat kantong kita sakit...hehehehe. Banyak kasus sudah terlanjur beli baterai laptop baru eh ternyata bukan baterainya yang bermasalah, melainkan unit laptopnya yang rusak. Kesalahan seperti ini biasanya karena kurangnya pengetahuan si pemilik laptop, atau si pemilik laptop yang malas mengecek ke teknisi laptop untuk memastikan kerusakan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecekan kondisi baterai laptop yang rusak yaitu:

1. Coba cari pinjaman baterai laptop dengan tipe sejenis yang kondisi baterainya sehat, kemudian pasang pada laptop anda. Jika saat diganti baterai mau di charge atau berfungsi normal maka benar baterai anda yang rusak, namun jika setelah diganti, kondisi laptop tetap sama maka bukan baterai anda yang rusak, sehingga memerlukan pengecekan lebih lanjut.
2. Lakukan pengecekan di servis center terdekat, karena di servis center biasanya terdapat stok tipe baterai yang tersedia, jika saat dilakukan pengecekan baterai ternyata memang benar baterai anda yang rusak, anda bisa langsung membeli disana. Hemat waktu dan biaya.
3. Jika service center laptop jauh dari lokasi anda, bawa ke teknisi laptop terpercaya terdekat. Biasanya untuk pengecekan ringan bisa ditunggu dan tanpa biaya. Untuk area batu dan malang bisa dibawa ke tempat kami di Arzan Servis Laptop. Seperti hanya pengecekan di service center, jika saat dilakukan pengecekan baterai ternyata memang benar baterai anda yang rusak, anda bisa langsung membeli disana.

B. DIREKOMENDASIKAN MEMBELI SECARA OFFLINE, JIKA SANGAT TERPAKSA SEKALI SILAHKAN BELI ONLINE
Kegiatan umum antara pembeli dan penjual ketika melaksanakan transaksi adalah, lihat barang, tawar-menawar, coba barang, bayar, bawa pulang, beres. Lebih bagus juga jika ditambah perjanjian purna jual (Garansi) antara penjual dan pembeli. 

-Keuntungan Membeli Baterai Secara Offline:
1. Bisa melihat langsung fisik baterai karena langsung mendatangi tokonya.
2. Dapat mencoba baterai dengan unit laptop secara langsung (Sangat Disarankan dan akan saya jelaskan di point C)
3. Jika terjadi apa-apa pada baterai setelah pembelian, dan baterai masih dalam masa garansi, makan akan lebih mudah melakukan pertukaran baterai.
4. Proses cepat tidak perlu menunggu pengiriman.
-Kerugian Membeli Baterai Secara Offline:
1. Meluangkan waktu secara khusus untuk keluar rumah.
2. Ada tambahan uang untuk transport.
3. Sulit untuk membanding-mbandingkan harga dengan toko lain.

-Keuntungan Membeli Baterai Secara Online/Menggunakan Marketplace:
1. Bisa membanding-mbandingkan harga dengan toko lain.
2. Bisa memilih membali harga barang yang paling murah.
3. Bisa memilih lokasi penjual dan jasa pengiriman sesuai keinginan kita.
4. Tidak perlu berpanas-panasan untuk keluar rumah.
5. Biasanya pada marketplace, terdapat vouche potongan harga atau cashback yang bisa memangkas biaya pembelian.
6. Uang aman, karena sebelum barang diterima pembeli, uang ditahan pihak marketplace.
-Kerugian Membeli Baterai Secara Online/ Menggunakan marketplace:
1. Ada kemungkinan barang yang dikirim tidak sesuai pesanan/Human Error.
2. Jika ada kerusakan setelah barang diterima pembeli dan masih dalam masa garansi, maka proses pengembalian/retur akan memakan waktu lagi karena harus re-packing, kirim barang, dan memunggu barang/ uang pengganti setelah barang retur diterima.
3. Ada ongkos tambahan berupa ongkir pengiriman barang.

C. SAAT MEMBELI BATERAI LAPTOP, BAWA LAPTOPNYA SEKALIAN!
Baterai laptop yang dijual pada umumnya, memiliki beberapa kualitas/grade. Baterai yang mirip dengan bawaan laptop biasanya disebut baterai tipe KW, baterai yang sesuai bawaan lapton biasanya disebut baterai tipe Ori atau Original, Kalau baterai bekas yang diambil dari laptop yang sudah rusak disebut baterai Ori Copotan. Permasalahnnya, baterai baru Original tidak menjamin 100 persen cocok dipasang di laptop yang bermasalah. Ada faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan dalam membeli baterai laptop baru:
1. Kode Baterai : Baterai sudah sama, ukuran dan bentuk sama tapi ketika kodenya berbeda kadang baterai juga tidak cocok di laptop kita.
Kasus Pernah saya Temukan Pada laptop: Acer Travelmate P643 (AS10D3E), Baterai acer travelmate P643 Mirip dengan Acer 4738 (AS10D31), Acer 4741 (AS10D31), namun ketika baterai milik Acer 4738 (AS10D31) dipasang di acer travelmate P643 baterai terdetect namun tidak mau di charger. Baterai Acer Travelmate P643 Tidak bisa diganti dengan baterai lain, kecuali baterai ori Copotan dari tipe nya sendiri yang kode belakangnya diakhiri huruf E.
2. Ampere Baterai :Baterai ori dan baterai KW biasanya memiliki ampere yang berbeda, untuk mengetahui cocok dan tidaknya maka perlu dicoba langsung ke unit.
Kasus Pernah saya Temukan Pada laptop: Toshiba L645 ketika saya belikan tipe baterai yang original, baterai malah tidak mau di chas, tapi baterai terdeteksi, sedangkan saya belikan yang KW dengan ampere yang lebih tinggi baterAI malah berjalan normal.
3. Jumlah Cell baterai : Terdapat baterai yang memiliki bentuk yang sama dengan baterai bawaan tapi ternyata isi cell baterai berbeda, hal ini juga berpengaruh pada performa laptop nantinya. 
Kasus pernah saya temukan pada laptop Acer Aspire One Happy

Demikian ulasan tentang trik bagaimana membeli baterai laptop agar sampai tidak keliru. Laptop merupakan alat bantu kerja, sehingga saat ini laptop bukan barang mewah lagi melainkan kebutuhan, oleh karena itu jangan lupa merawat laptop, karena kalau sampai ada bagian yang rusak tentu mengganti dan memperbaikinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Semoga tulisan ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagi tulisan ini jika dirasa membaeri manfaat. Mari kita sebar kebaikan. Baca juga tutorial lainnya tentang laptop disini.

Jangan lupa ikuti seluruh update sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Beli Batere Laptop Baru, Tapi Tidak Detect?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar