Home » , , , , , , » Panen Eco Enzyme Pertama dan Aplikasi Penggunaannya

Panen Eco Enzyme Pertama dan Aplikasi Penggunaannya

Assalamualaikum wr.wb, Alhamdulillah hari ini saya dapat berbagi kembali seputar teknologi dan berbagai tutorial yang bermanfaat untuk anda. Sebelumnya saya pernah membahas tulisan bagaimana cara membuat eco enzyme di postingan saya yang berjudul Akuaponik Part 7 -Tutorial Membuat Eco Enzyme (Cairan Ajaib dari Limbah Organik). Setelah 3 bulan saya melakukan fermentasi, kini saatnya saya menuai hasilnya, dan memanen eco enzyme yang sudah saya buat. berikut dokumentasi nya.
Panen Eco Enzyme Pertama


Tanggal Awal tebar Eco Enzyme (23 maret 2021)

A. TAHAP DAN LANGKAH-LANGKAH MEMANEN ECO NZYME
1. Buka Botol eco Enzyme
2. Pindahkan ke wadah yang mempunyai mulut wadah besar.


Banya Wangi dan Terdapat jamur di dalamnya.
3. Saring dengan kain kaos atau katun.
4. Letakkan pada wadah tersendiri ampasnya (Ampas bisa kita gunakan sebagai pupuk).
5. Pindahkan cairan eco enzyme yang sudah disaring ke dalam botol.
Botol yang digunakan untuk menyimpan eco enzyme


Setelah kita panen eco enzyme, kini saatnya kita mengetahui bagaimana Aplikasi Penggunaan Eco Enzyme dengan benar. Ada racikan tambahan yang memanfaatkan eco enzyme agar hasilnya lebih optimal. Berikut Ulasannya yang saya ambil dari berbagai sumber.

B. KEGUNAAN ECO ENZYME
Eco enzyme memiliki beberapa kegunaan dan komposisi khusus agar hasil yang diberikan dalam pemanfaatannya optimal, diantaranya:
1. Eco Enzyme Dapat Digunakan Sebagai Cairan Pembersih Serbaguna
Terdapat komposisi khusus untuk penggunaan Eco Enzyme sebagai cairan pembersih serbaguna. Berikut uraiannya:

Kegunaan Eco Enzyme (ml) Air (ml) Catatan tambahan
Mencuci baju 150-300 - Bergantung jenis mesin bisa ditambahkan 2 sendok makan baking soda
Membersihkan toilet/saluran air 250 - Bisa ditambahkan baking soda terlebih dahulu ke dalam saluran, lalu siramkan Eco Enzyme untuk hasil maksimal
Mencuci piring 100 1000 Langsung bisa digunakan seperti sabun biasa
Membersihkan lantai 100 1000 Langsung bisa digunakan seperti obat pel biasa
Membersihkan furnitur 100 1000 Masukkan botol semprot. Semprotkan cairan ke furniture lanjutkan dengan mengelap dengan Iap bersih.
Membersihkan dapur, kompor, bekas minyak 100 1000Masukkan botol semprot. Bisa ditambahkan baking soda terlebih dahulu ke atas permukaan berminak, lalu semprotkan Eco Enzyme untuk hasil maksimal
Membersihkan karpet (anti jamur) 100 1000 Masukkan botol semprot. Semprotkan 1-2 kali setiap bulan
Membersihkan permukaan kaca atau gelas 60 40 Masukkan botol semprot. Semprotkan larutan dan lap dengan lap kain bersih
Membersihkan sayur dan buah dari pestisida30 1000 Rendam sayur/buah dalam larutan selama 5 menit. Lanjutkan dengan membilas sayur/buah dengan air bersih mengalir

NB: Campuran Larutan pembersih tersebut, hanya bisa disimpan dalam waktu maksimal 7 hari, jika lebih dari 7 hari maka bakteri yang ada pada air tumbuh dan merusak larutan pembersih.

2. Eco Enzime dapat dimanfaatkan Untuk bidang Pertanian
Selain digunakan sebagai cairan pembersih serbaguna, eco enzyme juga bisa dimanfaatkan di bidang pertanian antara lain untuk pupuk tanaman, dan pengusir hama. Berikut uraian komposisi Eco Enzyme untuk Pupuk tanaman dan Pengusir Hama:

Kegunaan Eco Enzyme (ml) Air (ml) Catatan tambahan
Pupuk tanaman 30 200 Masukkan botol semprot. Semprotkan larutan ke tanah atau ke tanaman langsung.
Pengusir hama anggrek dan sayur-sayuran bahkan hama atau hewan yang mengganggu di sekitar rumah 15 500 Masukkan botol semprot. Semprotkan larutan ke area yang kamu targetkan untuk bebas hama.

NB: Jangan memberi larutan 100% eco enzyme langsung ke tanah, TANPA campuran air, karena akan meningkatkan kadar keasaman tanah, dan membuat tanman anda terbakar.

3. Eco Enzime dapat dimanfaatkan Untuk bidang Perikanan
Eco enzyme juga dapat digunakan untuk campuran air kolam, hal tersebut juga sudah saya aplikasikan pada kolam lele saya. Untuk model kolam lele, dan bentuk kolam lele yang pernah saya buat, bisa anda baca pada postingan saya disini: 
Eco Enzyme yang dimasukkan ke dalam kolam Lele berfungsi untuk mengendapkan dan mengikat lemak, kotoran, bakteri yang nantinya akan mengendap. Air Kolam yang sudah dicampuri Eco Enzyme akan lebih jernih daripada sebelum diberi campuran. Kotoran akan banyak mengendap di dasar kolam. Cara mengaplikasikan eco enzyme berdasarkan hasil uji coba pribadi saya yaitu, masukkan 3 Tutup Botol Air Mineral Eco Enzyme Ke dalam air kolam dengan ukuran air dalam kolam yaitu Panjang: 2,5 x Lebar : 0,75 x Tinggi: 0,5. Pencampuran saya lakukan sekali setiap dilakukan pergantian air kolam.

Demikian artikel saya Panen Eco Enzyme Pertama dan Aplikasi Penggunaannya. Cara pengaplikasian dan hasil panen lengkap, akan kami tayangkan di channel youtube Onny Putranto Channel
Bagi pembaca setia, jangan lupa klik Subscribe, Like, dan Comment di cahnnel Onny Putranto Channel,  akan saya buat berbagai konten yang Insyaallah menarik, informatif, dan memberi manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa juga follow akun sosmed kami di:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto

Tulisan di dalam artikel ini selain hasil dari eksperimen sendiri, juga mengutip dari beberapa sumber diantaranya:

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Panen Eco Enzyme Pertama dan Aplikasi Penggunaannya

Newest
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar