Home » , , , , , , , » Aplikasi Wajib Pekerja di Era Digital (Admin IT, pengolah data, dan calon pekerja wajib baca ini)

Aplikasi Wajib Pekerja di Era Digital (Admin IT, pengolah data, dan calon pekerja wajib baca ini)

Assalamualaikum wr.wb. Alhamdulillah saat ini kita diberi kesempatan kembali Oleh Allah Yang Maha Esa untuk berbagi dan sharing tentang hal-hal positif yang bermanfaat. Kali ini saya akan membahas sebuah postingan yang saya beri judul Aplikasi Wajib Pekerja di Era Digital (Admin IT, pengolah data, dan calon pekerja wajib baca ini). Judul tersebut muncul karena ada rasa keprihatinan saya dimana masih banyak pekerja yang kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya (khususnya tugas yang berhubungan dengan teknologi informasi) karena kurangnya pemahaman dasar yang harus dia kuasai, beberapa dari mereka ingin belajar, namun mereka bingung harus memulai dari mana.  
Jaman sekarang, seluruh instansi mulai pemerintahan, pendidikan, swasta, dsb tidak bisa dilepaskan dari namanya teknologi informasi. Semua sudah bertransformasi dari jaman manual sistem, ke arah digital sistem. Administrasi yang dulu dikerjakan oleh pekerja menggunakan buku setebal gaban, kini dikerjakan berbasis komputer yang muaranya tersimpan dalam suatu database. Saat ini peran buku tulis dan pena sudah mulai tergantikan oleh aplikasi dan komputer. Mau tidak mau, suka tidak suka pekerja saat ini dituntut menguasai teknologi informasi agar dapat mnjadi bagian dari sistem yang sudah dibuat. Tua, muda, pekerja lawas, pekerja baru tidak ada bedanya, semua mempunyai tuntutan yang sama di bidang IT.
Aplikasi yang Bisa di Unduh Di Google Playstore


A. Aplikasi Smartphone Wajib Bagi Pekerja
1. Whatsapp Messsenger
Whatsapp merupakan Aplikasi tukar pesan berbasis digital yang juga sangat penting dan membumi, aplikasi Whatsapp menggantikan Aplikasi SMS dikarenakan fitur yang disediakan aplikasi Whatsapp lebih lengkap daripada SMS. Berbeda dengan SMS yang hanya digunakan sebagai aplikasi pertukaran pesan teks, Whatsapp memiliki fitur lebih lengkap yang mendukung kinerja anda dijaman ini diantaranya, Video call, Voice Call, File Sharing, Video Conference, Group Chat, Voice Note dan berbagai fitur private yang membuat anda lebih nyaman menggunakan aplikasi ini. Keunggulan lainnya Whatsapp menggunakan jaringan internet (Wi-Fi, Paket data seluler) yang lebih hemat dan lebih mobile, berbeda dengan SMS yang masih menggunakan jaringan Data Seluller, dimana pulsa Reguler diibaratkan sebagai kuota agar aplikasi SMS bisa digunakan, kecuali jika anda membeli paket kuota SMS.
Download Aplikasi Whatsapp Disini.
2. Telegram Messenger
Sama seperti Whatsapp. telegram juga merupakan Aplikasi tukar pesan berbasis digital yang juga sangat penting dan membumi. Beberapa orang lebih memilih Telegram daripada whatsapp karena, History percakapan, data gambar, video atau file yang dikirim dalam percakapan telegram tidak seluruhnya tersimpan dalam Smartphone pemakai, namun juga tersimpan di dalam database milik Telegram. Sehingga lebih menghemat storage HP smartphone anda.
Download Aplikasi Telegram Disini.
3. Zoom Cloud Meetings
Aplikasi Zoom Meeting, merupakan aplikasi video conference yang berkembang pesat di kala pandemi 2020. Ketika pemerintah menerapkan aturan WFH (Work From Home) semua instansi memanfaatkan aplikasi ini agar kegiatan yang memerlukan tatap muka dapat tetap terlaksana, hanya saja tatap muka dilakukan secara virtual jarak jauh. Aplikasi zoom sering digunakan ketika rapat, pembelajaran sekolah, diskusi, dll. Namun seiring bertambahnya pengguna, kini pihak zoom memberi batasan waktu penggunaan conference untuk aplikasi zoom yang free sekitar 40 menit.
Download Aplikasi Zoom Cloud Meeting Disini.
4. Google Meet
Google meet merupakan aplikasi yang memiliki fungsi serupa dengan Zoom Cloud Meetings, Aplikasi ini merupakan aplikasi dari google dengan beberapa kelebihan dibanding dengan Zoom Cloud Meeting, yaitu terletak pada durasi 60 menit bagi pengguna aplikasi free.
Download Aplikasi Google Meet Disini.
5. Transportasi Online
Jangan sampai motor/mobil pribadi mogok, membuat anda terlambat datang ke kantor. Saat ini berbagai layanan transportasi online diantaranya Gojek, Grab, Maxim, dll. Hanya dengan sekejap, anda sudah bisa memesan ojek atau taksi secara cepat, langsung di lokasi yang anda inginkan.
6. Youtube
Ketika bekerja di bidang IT sering kali kita menemukan permasalahan yang harus diselesaikan, namun kita mengalami kebuntuan karena keterbatasan pengalaman dan informasi. Oleh karenanya youtube adalah salah satu portal, video yang banyak memberikan informasi atau tutorial yang bisa anda tonton secara gratis. Sebagai contoh channel youtube yang berisi tutorial yg bisa anda nikmati adalah Channel Milik Kami di Onny Putranto Channel yang bisa anda lihat di: https://www.youtube.com/user/onnydripidha, Install aplikasi youtube disini
7. Marketplace
Tampilan Marketplace Shopee

Terkadang aktifitas kantor anda dapat menyita waktu anda, sehingga membuat anda susah untuk keluar belanja atau ke mall. Saat ini semua bisa diatasi dengan aplikasi marketplace, marketplace adalah situs tempat jual beli online, marketplace yg terkenal di indonesia diantaranya Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, dll. Diantara marketplace yang ada, saat ini aplikasi Marketplace yang paling populer menurut pengamatan saya dan banyak pemakainya adalah shopee. Anda bisa mencoba menjadi penjual atau pembeli dalam aplikasi shopee, untuk mencobanya silahkan anda daftar shopee terlebih dahulu disini atau https://shp.ee/ettd6mgr6ud. Nanti jika ada kesempatan lebih akan saya ulas lebih dalam cara melakukan pendaftaran shopee dilengkapi dengan gambar. Sebagai contoh lapak online yang sudah saya buat di shopee saya beri nama partmurah.com atau bisa anda lihat disini https://shp.ee/qrn75tj. Jangan cuma dilihat, belanja juga donk di lapak kami...heheheheh!!!
8. Mobile banking
Jaman sekarang tuntutan memiliki rekening juga tinggi, di jaman sekarang kita akan kesusahan jika kita tidak memiliki rekening, apalagi untuk melakukan transaksi pada marketplace yang sudah saya bahas pada point nomor 7 sangat memerlukan kepemilikan rekening. Pasangan dari nomor rekening adalah buku tabungan, ATM dan Mobile Banking atau Internet Banking. Dengan mobile banking anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke ATM atau Bank untuk mentransfer uang atau mengecek saldo anda. Jika anda sudah memiliki rekening namun belum memiliki mobile banking segera buat akun mobile banking anda. Pembuatan akun mobile banking beragam caranya, tergantung kebijakan bank, ada yang mengharuskan pemilik rekening hadir ke bank, ada yg cukup mendaftar secara online, ada juga yang memerlukan authentifikasi di ATM. Untuk lebih mudahnya, silahkan cek di official web Resmi Bank yang anda miliki atau inginkan sebelum anda membuat akun mobile banking.
9. E-Money
Sama seperti mobile banking, E-Money juga fasilitas layanan pembayaran digital. Rekening Bank Juga mempunyai peranan penting dalam menjalankan atau mengoperasikan mobile banking, E-money juga sangat memudahkan kita, ketika kita berbelanja atau bertransaksi di Marketplace. Salah satu E-Money yang populer di Indonesia saat ini adalah: LinkAja, OVO, Gopay, Allo Bank, Dana Dompet, SeaBank, dll. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui smartphone anda.
10. Cloud Storage
Jangan sampai pekerjaan digital yang belum selesai anda kerjakan di komputer kantor, lupa anda bawa pulang, sehingga anda tidak bisa melanjutkan pekerjaan kantor dari rumah. Cloud Storage adalah salah satu solusi permasalahan tersebut. Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data berbasis online yang fungsinya mirip seperti hard disk Online. Cloud storage yang populer dan sampai saat ini gratis adalah Google Drive. Pengoperasian dan pembuatan akun google drive sangat mudah. Jika anda sudah memilki atau sudah mendaftar akun Google atau Google Mail maka secara otomatis anda sudah memiliki akun Google Drive. Google memberikan kuota penyimpanan gratis sebesar 15 Gb, jika ingin mendapatkan kuota tambahan lebih, maka anda diperuntukan membayar sesuai paket yang ditawarkan oleh google.

Itulah sedikit postingan sederhana saya yang disajikan dalam judul: Aplikasi Wajib Pekerja di Era Digital (Admin IT, pengolah data, dan calon pekerja wajib baca ini).
Semoga Tutorial ini bermanfaat, Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop
Toko Online: Partmurah.com

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Aplikasi Wajib Pekerja di Era Digital (Admin IT, pengolah data, dan calon pekerja wajib baca ini)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar