Home » , , , , , , » Tutorial Memasang Saklar Lampu Otomatis Menggunakan Perintah Suara dengan Bantuan Google Assistant (Part 1)

Tutorial Memasang Saklar Lampu Otomatis Menggunakan Perintah Suara dengan Bantuan Google Assistant (Part 1)

onnyputranto.com-kotak1-smart-switch-smar-thome
Smart Switch for Smarthome


Smart Switch Wifi



Assalamualaikum wr. wb, kembali lagi dalam postingan saya, kali ini akan dibahas bagaimana membuat saklar otomatis menggunakan smartphone atau bahkan perintah suara yang dihubungkan dengan google assistant. Ide ini muncul di kala penulis melakukan renovasi rumah dimana lampu penerangan lantai 1, terletak pada lantai 2, sedangkan switch lampu lantai 2 berada di lantai 2, jadi tentunya akan menyulitkan pemilik rumah yang mengharuskan naik ke lantai 2 untuk menyalakan lampu padahal ingin memberi penerangan di lantai 1. Setelah browsing kesana kemari akhirnya, saya menemukan ide yaitu menggunakan smart switch dengan perintah suara atau menggunakan smartphone sebagai remote. 
Jaman sekarang sudah banyak hunian yang memanfaatkan teknologi jaringan, hampir semua teknologi dan informasi berada dalam genggaman. Termasuk apa yang sedang trend dengan istilah smarthome, kontrol rumah bisa dilakukan dari jarak jauh. Dalam tulisan akan dijelaskan tutorial pemasangan smart switch beserta cara menghubungkannya dengan google assistant agar bisa menggunakan sensor suara. 

A. Syarat Utama
1. Jaringan Internet (Wi-fi) Dalam rumah
2. Instalasi listrik.

B. Bahan-Bahan
1. Lampu
2. Fiting Lampu
3. Kabel Engkel 3 warna
4. Stop Kontak Manual
5. Smart Switch.
6. Obeng, dll
 
C. Cara Pemasangan Switch
Agar mudah, saya beri warna sesuai gambar, untuk anda yang ingin melakukan pemasangan di rumah, warna bebas tinggal menyesuaikan. 
NB: Pada tutorial ini, sebenarnya sudah ada instalasi listrik dan saklar manual, saklar manual yang sebelumnya terpasang didalamnya hanya terdapat 2 kabel (Warna Hitam dan warna Merah), yang fungsinya menghubungkan kutub positif lampu, sedangkan ground lampu ikut tersambung jaringan listrik keseluruhan dalam rumah.
1. Siapkan kabel ground (Netral) -> Warna Biru
2. Siapkan kabel positif -> Warna Merah
3. Siapkan kabel positif yang menuju lampu ->> Warna Hitam
4. Siapkan 2 Kabel Kosong yang nanti akan dihubungkan ke saklar manual dan smart switch ->> disini saya menggunakan warna sama (Warna Hijau Kuning)
5. Dalam switch terdapat 6 lubang yaitu : L In, L Out, N In, N Out, S1, S2.
6. Masukkan kabel ground/ Netral/Warna biru ke dalam lubang N In
7. Masukkan kabel positif dari rangkaian utama listrik (Mengandung arus)/ warna merah ke dalam lubang L in
8. Masukkan kabel yang menuju lampu/ warna hitam ke dalam lubang N Out
9. Masukkan 2 kabel kosong warna hijau-kuning masing-masing ke dalam lubang S1 dan S2 dan ke dua kutub saklar manual.
10. Jika lampu menyala biru berarti pemasangan sudah benar.
onnyputranto.com-smart-switch-wifi-1
Smart Switch Tampak Belakang
Smart Switch tampak Depan

onnyputranto.com-pemasangan-smart-switch1
Hasil Pemasangan Smart Switch

Untuk part 1 saya cukupkan sampai tahap instalasi listrik, tutorial berikutnya akan membahas bagaimana cara menghubungkan smart switch dengan perangkat smartphone yang nantinya bisa terhubung dengan googlr assistant. Artikel lanjutan saya beri judul: Tutorial Memasang Saklar Lampu Otomatis Menggunakan Perintah Suara dengan Bantuan Google Assistant (Part 2)
Demikian postingan awal saya terkait instalasi smart switch untuk lampu rumah, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow sosmed kami IG: @onnyputranto212, FB Fanspage: Onnyputranto, Twitter: Onnyputranto, Youtube: Onnyputranto.

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Tutorial Memasang Saklar Lampu Otomatis Menggunakan Perintah Suara dengan Bantuan Google Assistant (Part 1)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar