Home » , , , , , , » Akuaponik Part 1-Membangun Kolam Lele Permanen Untuk Hiasan Rumah, Refreshing, dan Menambah Penghasilan

Akuaponik Part 1-Membangun Kolam Lele Permanen Untuk Hiasan Rumah, Refreshing, dan Menambah Penghasilan

Assalamualaikum wr. wb, Alhamdulillah di jum'at yang berbahagia ini kita masih diberi kesempatan untuk berbagi kembali melalui tulisan dalam blog ini. Tulisan kali ini akan membahas sedikit kegiatan yang sempat viral di tahun 2020, yang dikarenakan banyaknya aktivitas di rumah. banyaknya aktifitas di rumah akibat pandemi, banyak memunculkan ide baru, salah satunya memelihara bunga, memelihara ikan hias, berjualan online, dan bagi para akademisi banyak yang membuat webinar. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian saya adalah memelihara ikan lele. Ide ini muncul dari sang ayah, yang di masa pensiunnya membuat kolam ikan nila dan berawal dari hobi kini kolam nila sang ayah berkembang menjadi tempat pemeliharaan ikan nila yang diatasnya diberi tanaman sayur atau yang biasa dikenal dengan istilah "Akuaponik". Alhamdulillah meskipun awalnya hanya sebuah hobi, ayah saya dapat menikmati hasil ikannya untuk dikonsumsi dengan bonus sayur kangkung diatasnya yang dapat dibuat oseng-oseng. Hehehehe.
Kembali lagi ke pembahasan mengenai kolam lele yang sedang saya buat, pada tulisan ini akan saya bahas spesifikasi kolam lele saya, lengkap dengan estimasi biaya. Berikut uraiannya:


onnyputranto.com-aquaponic-kolam-lele-permanen
Kolam Lele Permanen
A. SPESIFIKASI KOLAM
1 Bentuk Kolam :Siku
2 Ukuran Kolam : 
    -Panjang Total :2,5 Meter
    -Lebar Kolam   :0.75 Meter
    -Kedalam Kolam:0.75 Meter
3 Sumber Air :Air Pam / PDAM
4 Filter Air    :Ada Rancangan Sendiri (Akan saya bahas pada tulisan berikut ini)
5 Pompa Air :Ada (Akan saya bahas pada tulisan berikut ini)

B. BAHAN-BAHAN DAN BIAYA PEMBUATAN KOLAM
Lokasi pembuatan kolam lele berada di halaman rumah saya yang sebelumnya adalah taman yang ditumbuhi rumput, tanah bercampur sisa material saat membangun rumah dahulu (Koral, pecahan bata dan genteng, sisa semen) sehingga tekstur tanah lumayan keras. Berikut ini saya uraikan bahan-bahan pembuatan kolam beserta biaya dan waktu pengerjaan kolam.

No.JenisJumlah UnitHarga Per UnitTotal Harga
1 Jumlah Pekerja 2 orang
2 Bahan-Bahan   
    -Semen            2 sak50000
    -Bata Ringan   22 buah8000192000
    -Pasir              1 pickup275000275000
    -Biaya Pekerja
    -Tukang3 hari120000360000
    -Kuli3 hari100000300000
    -Pipa 3 Dim     1 lonjor9000090000
    -Lem Pipa        1 buah1200012000
    -Keran Air        1 buah1200012000
Total1241000

*Biaya bahan pembuatan kolam tersebut bisa berubah tergantung daerah masing-masing, biaya tukang dan kuli bantu juga berbeda-beda di setiap daerah. Hitungan yang saya paparkan adalah biaya real yang sudah saya keluarkan di daerah saya. 

Kegunaan bata putih/bata ringan sebagai dinding kolam sebelum disemen, hal ini dilakukan agar proses pengacian lebih cepat. Tukang dan kuli yang mengerjakan kolam saya, setiap harinya bekerja mulai pukul 08.00-17.00. 
onnyputranto-kolam-lele-hasil-akhir
Hasil Akhir

onnyputranto-kolam-lele-hasil-akhir-tampak-atas-1
Tampak Atas

onnyputranto-kolam-lele-hasil-akhir-tampak-atas-2
Tampak Atas 2


Demikian tulisan saya mengenai Akuaponik Part 1-Membangun Kolam Lele Permanen Untuk Hiasan Rumah, Refreshing, dan Menambah Penghasilan. Artikel mengenai aquaponik dan budidaya lele Insyaallah akan kami sajikan secara rutin dan terurut secara detail sebagai media pembelajaran kita. Artikel akan saya tulis dalam bentuk part bersambung sesuai kegiatan yang saya lakukan. Artikel berikutnya kita akan membahas Akuaponik Part 2-Membuat Filter Kolam Lele atau Ikan Tawar dengan Biaya Murah



Jangan lupa ikuti seluruh update sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Akuaponik Part 1-Membangun Kolam Lele Permanen Untuk Hiasan Rumah, Refreshing, dan Menambah Penghasilan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar