Home » , , , , , » Mazda MR90 Modifikasi Baut Tanam Pada Roda dan Estimasi Biaya

Mazda MR90 Modifikasi Baut Tanam Pada Roda dan Estimasi Biaya

Assalamualaikum wr. wb, Alhamdulillah saya bisa kembali melakukan kegiatan blogging, setelah sekian lama libur Kesibukan di kantor. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu mobil produk asli indonesia di tahun 90-an yaitu Mazda MR90. Mobil ini, baru 2019 saya dapatkan, namun baru sering saya pakai sejak istri saya hamil dan keperluan angkut barang. Mobil ini dibekali CC 1400, dan memiliki power yang lumayan, menggunakan sistem penggerak roda belakang, dan tampilan dan fitur yang tidak ketinggalan jaman. Pada postingan ini saya tidak akan membahas secara detail Spesifikasi Mazda MR90, namun saya akan membahas salah satu perbaikan/upgrade sektor kaki-kai mazda MR90 yang menjadi kelemahan Mobil Tua agar menjadi aman saat berkendara di kecepatan tinggi atau jarak jauh. Langsung kita mulai pembahasannya.
Mazda MR90 Tahun 1991 Milik saya

A. Kelemahan Kaki-kaki Mazda MR90
Salah satu kelemahan Mazda MR90 adalah baut penahan roda tidak menggunakan model baut tanam seperti mobil-mobil tahun muda sehingga berakibat:
1. Saat terjadi ban kempes dan ingin mengganti ban cadangan, kita akan kesulitan ketika akan measang ban cadangan.
2. Jika ulir/drat di baut atau di tromol slek, maka akan sangat berbahaya bagi pengendara, (Banyak kasus roda mobil mazda MR90 lepas di tengah jalan diakibatkan baut slek)  bisa di cek di grup member Mazda MR90. Saya juga baru mengalami hal serupa di ramadhan hari ke 3 tahun 2021 saat mau berangkat taraweh, roda depan kiri saya copot...heheheheh
3. Penjual baut model standart Mazda MR90 (Tidak Tanam) jarang yang jual.
4. Tidak semua pelg, support menggunakan baut model seperti mazda meskipun PCD sudah sesuai (PCD standart mazda MR90 adalah PCD 110)

Dari permasalahan tersebut, akhirnya saya memutuskan melakukan restorasi dan modifikasi Mazda MR90 saya pada sektor baut roda, saya merubah semua sistem baut roda Mazda MR90 saya menjadi baut tanam, karena hampir semua baut sudah slek. Pada postingan ini akan saya jelaskan secara detail bahan-bahan dan estimasi biaya total dari modifikasi ubah baut tanam Mazda MR90 yang sudah saya lakukan.
Tromol Mazda MR90 Sebelum diubah ke Model Baut tanam

B. Bahan-bahan Modifikasi Baut Tanam Mazda dan Estimasi Biaya

1. Baut Nap L300/ Baut Nap Kijang Super beserta Mur nya : Harga: 15.000,- Per Pasang 
Kalau diganti semua butuh 16 Pasang Mur Baut sehuingga biaya pembelian Mur Baut Rp. 15.000,- x 16 = Rp. 240.000,-
2. Jasa Bubut Tromol dan Press Baut Nap Ke Tromol (4 Tromol) : Biaya : Rp. 105.000,-
3. Jasa Las Kepala Baut di Tromol (4 Tromol) : Biaya : Rp. 120.000,-
4. Jasa Bengkel (Bongkar, Pasang, Stell)  : Biaya : Rp. 150.000,-

Total Biaya Modifikasi Kaki-Kaki di Daerah Saya: Rp. 615.000,-
NB: Harga yang saya tulis tidak dapat dijadikan patokan di setiap daerah, harga tersebut bisa berubah membengkak jika ada tambahan part yang harus diganti, dan bisa jadi harga part di tiap daerha berbeda-beda tergantung kualitas dan stok barang. Apalagi biaya jasa dan tenaga tidak bisa kita patok. Jadi bijaklah dalam membeli dan berbelanja spare part.

C. Proses sampai Hasil Modifikasi Tromol Mazda MR90
1. Lepas Tromol Depan dari Body Mobil



2. Lepas As Gardan Belakang


3. Pemasangan Baut Nap pada tromol depan, dikunci dengan Las Tebal





4. Lubangi Cover penutup Kanvas Rem untuk mempermudah pengelasan baut Nap agar tidak membongkar bearing/laker

5. Tromol belakang setelah di las
6. Selesai pasang kembali.
Sebetulnya proses restorasi saya masih berlanjut pada bagian pengereman yang ternyata diluar sepengetahuan saya, bahwa selama ini rem belakang mobil saya tidak berfungsi, sehingga juga dilakukan perbaikan di beberapa sektor diantaranya, 
1. Ganti seal piston rem belakang, 
2. Ganti pipa ledeng minyak rem belakang (Jarang yang jual, jadi terpaksa kanibal dari saudaranya Mazda Vantrend)
Proses Kanibal Pipa Rem Ledeng di bengkel Mazda di Kota Batu



Pipa Ledeng
NB: Untuk pencopotan pipa ledeng minyak rem, jangan sampai dirusak/dipaksa, karena sangat jarang dan susah sekali mendapatkan part yang satu ini kecuali di kampak an. Yang membedakan dengan pipa rem yang dijual dipasaran secara umum adalah terletak pada Ulir Drat Pipa Rem Mazda MR90 yang kasar, sedangkan yang dijual secara umum memiliki Drat/Ulir Halus.
3. Pantek kanvas rem kiri belakang.
4. Ganti Minyak Rem.
5. Ganti neeple Rem.
6. Ganti tutup rem
7. Ganti Karet Rem
Kira-kira total biaya bahan dan jasa di sektor pengereman saya habis Rp. 500.000,-

Setelah itu, saya masih harus merestorasi aki mobil saya yang tidak mau menyimpan arus, mungkin dampak terlalu lamanya mobil saya mangkrak. Restorasi Aki saya lakukan tanpa membeli aki baru, dan alhamdulillah berhasil. Proses restorasi Aki akan saya bahas pada artikel berikutnya. 

Semoga tulisan ini yang berjudul Mazda MR90 Modifikasi baut tanam Pada Roda dan Estimasi Biaya, dapat memberi manfaat, dan dapat menjadikan pemberat amal kita di akhirat kelak.
Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Mazda MR90 Modifikasi Baut Tanam Pada Roda dan Estimasi Biaya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar