Home » , , , , , , , , » Amankan Suzuki Jimny-Katana Anda Dari Mogok (Tips Jimny Katana Second) - Part 1

Amankan Suzuki Jimny-Katana Anda Dari Mogok (Tips Jimny Katana Second) - Part 1

Assalamualaikum wr.wb, alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita bisa sharing bareng lagi di blog saya onnyputranto.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang motuba alias mobil/motor tua bangka, namun meskipun tua masih tetap banyak pemintnya, Mobil tua yang akan kita bahas kali ini adalah suzuki Jimny-Katana, Mobil dengan penggerak roda 4WD/ 4x4 (Versi Jimny) dan 2 WD/ 4x2 (Versi katana), untuk detail spesifikasi Jimny-Katana lebih lengkap, akan kita bahas di lain kesempatan.

Suzuki Katana SJ410 Milik Saya Tahun 1990

Ide tulisan ini muncul karena pengalaman pribadi saya yang beberapa minggu kemarin baru membeli unit Suzuki Katana SJ410 Tahun 1990 second yang mengalami trouble saat mengangkut seluruh keluarga, di jalanan sepi dan di kegelapan malam, tepatnya pukul 22.00. Salah satu penyebab troublenya Suzuki katana saya pada bagian kelistrikan dan pengapian, akibat keteledoran saya ketika membeli unit Katana ini, saat transaksi hanya saya cek bagian mesin saja dan body, sedangkan bagian kelistrikan hanya asal ngecek karena saat di starter langsung Grengg dan Suara mesin halus tidak berasap. Setelah yakin kondisi mobil saya sehat 100%, langsung saya pakai untuk harian tanpa saya bawa ke bengkel dulu untuk dilakukan pengecekan dan servis ringan, sampai akhirnya trouble itu terjadi tepat 7 hari setelah pembelian. Hikmah dari troble itu muncul wawasan baru perihal beberapa bagian spare parts yang bisa menjadi perhatian bagi anda sebelum meminang Jimny Katana Second, bagian tersebut juga bagian yang wajib dirawat dan diperhatikan bagi anda yang saat ini merawat Jimny Katana.
Di dalam Kap Mesin Suzuki Katan SJ410 Tahun 1990 Milik-ku

1. Ganti Oli

Pertama kali membeli unit, usahakan langsung ganti Oli Mesin, Gardan, dan perseneling. Pembelian oli lakukan di toko Oli Terpercaya, tips bagi saya percayakan sekalian pada bengkel terpercaya anda ketika servis, hal ini bertujuan untuk menghindari anda mendapatkan oli palsu, biasanya montir lebih paham mana oli yang palsu atau oli yang asli, usahakan pula belikan Oli yang paling bagus dari segi merk, agar masa pakai oli lebih panjang dan pelumasan optimal.
Dari penuturan pihak bengkel ukuran oli untuk mobil katana sebagai berikut:
Mobil 4x2
- Oli Mesin: 3.2 Liter
- Oli Girbox : 1.3 Liter
- Oli Gardan Belakang: 1.3 Liter

Jika mobil sudah 4x4 ada tambahan oli
- Oli Gardan Depan: 1.3 Liter
- Transfer Case : 0.8

NB: Ukuran diatas adalah ukuran yang dianjurkan dan tidaklah baku, terkadang bengkel ada yang memberi ukuran yang berbeda dengan alasan dan pengalaman yang berbeda. Karena itu jangan sampai anda salah mempercayakan kendaraan anda di bengkel yang kurang berpengalaman/ Tidak Recomended. Percaya Boleh, Bodoh jangan...heheheh

2. Mobil Susah Starter

Penyebab mobil starter berbagai macam, Bisa dari aki yang sudah Soak, dinamo starter soak, setelan karburator yang kurang pas, setelan platina kurang pas, delco rusak, koil rusak dll. Adapun Tips yang perlu anda lakukan sesudah membeli Unit Katana Second adalah sebagai berikut:

a. Ganti aki jika aki sudah berusia melewati 1 tahun, di tempat saya banyak toko menyediakan tukar tambah aki. Pertama kali saya mendapatkan unit katana, aki yang saya dapat aki kering merk Y*ASA yang sudah lumayan lama usianya (Dilihat dari tulisan spidol pembelian toko), lalu saya tukarkan dengan aki Basah Merk GS dengan Tukar tambah Unit lama+ Uang 700rb. Alhamdulillah starter cek greng.
Aki Basah Baru yang Saya Beli

b. Ganti Platina Baru, Mobil susah nyala juga bisa disebabkan setelan platina kurang Pas atau platina sudah habis waktunya ganti baru. Harga Platina di Toko Online atau di Toko Offline relatif sangat murah dan Mudah didapatkan. Saya membeli Online di shopee dengan harga kisaran 25.000 rupiah Merk D*nso.

c. Ganti Coil, Koil Bawaan mobil katana/jimny adalah jenis Koil Basah. Koil ini memiliki cairan didalamnya yang berfungsi sebagai pendingin. Koil yang rusak biasanya ditandai jika mobil di starter tiba-tiba suhunya naik tinggi, dan jika suhunya sudah tinggi biasanya mobil susah di starter. Saat pertama kali mendapat unit katana saya, koil normal, namun saat dicoba beberapa menit coil menjadi panas, anggapan saya "Mumpung belum rusak, dan gak perlu nunggu rusak, namun sudah menunjukkan gejala kerusakan, mending koil saya ganti baru". Koil saya ganti Koil Basah baru merk D*amond Original Jepang (Awas Banyak KW Nya) seharga 250rb, Koil ini merupakan Stok lama dari toko langganan saya, dan saya cek memang Original Merk Diamond. Kalau anda ingin beli merk D*nso sesuai bawaan katan, sekitar 650rb-800rb rupiah. Alhamdulillah, setelah saya ganti Koilnya, Koil jadi adem dan starter cek greng. Lantas yang jadi pertanyaan, bagaimana cara membedakan Koil Aftermarket Original dengan KW?, dan Apa perbedaan Koil Basah dan Koil Kering? Akan kita bahas pada postingan di lain kesempatan.
Coil Aftermarket Merk D*amond Original Jepang (awas barang palsu)

Coil asli yang didapat saat pertama beli

d. Servis Delco Jika Perlu ganti baru, Di dalam delco terdapat Rotor dan platina, hal yang jarang di ketahui dan dianggap sepeleh oleh pemilik mobil adalah As Delco/ Bos Delco. Jika Bos delco atau as delco udah oblak atau tidak senter maka berpengaruh ke tenaga mobil dan mobil akan susah dinyalakan meskipun platina dan rotor sudah diganti baru. Perhatikan juga gear delco, jika masih bagus lebih baik delco diservis daripada diganti. Hal sepeleh yang sering terlupakan di bagian delco adalah arang yang terdapat pada cap delco, sering lupa dicek, namun arang ini bisa terkikis habis seiring usia mobil. Tips hemat servis delco jika anda tidak ingin menggantinya adalah sebagai berikut:
- Ganti Cap Delco, Kisaran Harga 50-150 rb (Merk Aftermarket recomendasi St*cker, merk Original D*nso.
Kap Delco Lama yang sudah Rusak

- Ganti Rotor, kisaran Harga Untuk Rotor Original adalah 95-150 rb Merk D*nso.
Ganti Bos As Delco, untuk tahap ini saya sarankan untuk serahkan ke bengkel karena ada proses Bubut dan Pelepasan Pen Gear agar rapi. Biaya perbaikan kisaran 100rb
- Ganti Platina dan Setel Platina seperti Point 2b Karena letak platina di dalam Delco. Setel platina lebih pas jika dilakukan di bengkel atau orang yang berpengalaman jika anda masih pemula.

Jika anda ingin Instan dan tidak ingin ribet, atau jika gear mamang sudah gundul atau rusak, anda bisa mengganti delco baru. Delco platina ada 2 jenis, yaitu delco platina dan Delco CDI. Harga baru untuk delco Platina Kisaran 500rb - 750 rb merk Cina-an. Kalau ada anggaran lebih bisa sekalian Upgrade ke Delco CDI dengan kisaran Harga Mulai 600rb-750rb Merk St*cker dan 850rb - 1.5jt Merk D*nso. Sekedar Ada plus minus pemakaian Delco Platina atau Delco CDI, nanti akan kita bahas pada tulisan di lain kesempatan. 
Delco Suzuki Katana

e. Servis Karburator, Setelan karburator yang kurang pas juga  bisa berpengaruh pada mudah atau tidaknya mobil saat di starter, hal tersebut saya alami ketika membeli unit katana saya. Semua perbaikan pada sis kelistrikan sudah OK, pengapian sudah besar, namun mobil masih tetap susah di starter, adapun kalau berhasil nyala beberapa saat kemudian mobil mati lagi. Ternyata setelah diselidiki, masalah terleta pada Karburator yang mengalami kebocoran (Bahasa Jawanya Nglotor) atau merembes. Saat kami cek ternyata permasalahan terletak pada pilot jet yang lubangnya sudah mulai lonjong yang menyebabkan katup yang digerakkan pelampung tidak tertutup rapat. Solusinya dengan mengganti kuningan pilot jet dengan membeli carburator repair kit seharga 225 ribu.
Carburetor Repair Kit Katana

3. Mobil Berat Saat Nanjak

Mobil berat saat nanjak bisa terjadi karena beberapa penyebab antara lain:
a. Setelan Platina yang Kurang Pas
Untuk mendapat hasil yang baik saya anjurkan serahkan pada ahlinya atau bawa ke bengkel.
b. Busi Mobil Mati atau setengah mati, 
busi mobil yang tidak sehat atau setengah mati dapat menyebabkan pembakaran bensin di kurang sempurna sehingga kompresi yang didapat kurang dan berdampak mobil brebet atau tidak bertenaga terutama saat di tanjakan, bahkan yang sering terjadi jika ada salah satu busi mati maka mesin akan pincang atau tidak kuat digunakan saat menanjak, biasanya ditandai dengan suara mesin yang berubah lebih berat. Disarankan bagi anda ganti ke 4 busi katana, karena saat beli unit second kita tidak tahu usia busi yang kita pakai dan kondisinya. Harga 1 buah busi mulai 25rb-35rb untuk merek D*nso.
c. Listrik Bocor Pada Kabel Busi
Usia kabel busi yang tua ditandai dengan rapuh/rusaknya lapisan luar kabel busi mengakibatkan listrik bocor yang menyebabkan suplay arus listrik ke busi berkurang. Hal tersebut menybabkan tenaga mobil berkurang akibat pembakaran yang kurang sempurna, sehingga mobil tidak kuat disaat menanjak. Disarankan segera ganti kabel busi, harga baru per biji mulai 25rb-45rb untuk kualitas standart.

4. Pasang TCI

Khusus untuk mobil katana yang masih menggunakan Platina, ada sedikit tips dan saran yang sangat berharga hasil dari pengalaman saya yaitu Pasang Unit TCI. TCI merupakan singkatan dari transistor controlled ignition yang digunakan untuk menggantikan kontak mekanik pada platina. Pemasangan TCI pada mobil Platina membuat Pengapian Mobil Seperti CDI. Saya sudah mencoba pemasangan TCI di mobil saya mulai tahun 2018 diantarannya mobil Charade G10 Tahun 1982 (Mulai 2018 sampai laku di 2019), Mazda MR90 (Mulai 2019 sampai laku di 2022) mobil yang pernah saya bahas pada postingan sebelumnya disini, Colt T120 milik ayah saya (Mulai 2018 sampai sekarang belum sama sekali ganti platina padahal pemakaian mobil ekstrim), dan yang terakhir Mobil Suzuki Katana SJ410 yang saat ini saya gunakan. Semua memakai merk yang sama dan rakitan orang yang sama. Untuk merk, tempat beli, cara pemasangan serta ulasan lengkap akan saya bahas pada tulisan lain di lain kesempatan ya. Adapun Gambar Produknya seperti ini:

Pemasangan TCI di Mobil Katan SJ410
Merek TCI di marketplace atau di Komunitas sangat banyak, dan memiliki kegunaan yang sama. Teman-teman bisa mencoba, karena saya belum mencoba merek lain. Tapi saya sudah membuktikan merek ini dan awet sekali di 4 mobil yang saya sendiri pasang. Harga TCI yang ada di pasaran mulai 100rb - 450rb namun untuk TCI saya, saya membeli dengan harga 250rb.

5. Ganti Timing Belt

Saat membeli unit Suzuki Katana atau mobil second kita tidak tahu usia atau kondisi Timing belt dalam mesin. Timing belt adalah salah satu spare part yang sangat penting, karena jika sampai part ini rusak atau putus maka akan menimbulkan masalah di mobil anda. Beberapa mobil akan mengalami kerusakan mesin yang parah jika sampai timing belt putus tiba-tiba, masalah yang ditimbulkan seperti Klep Bengkok, Noken as Rusak/macet, dll, namun bagi pemilik katana bisa mersa lega jika timing belt anda tiba-tiba putus di tengah tidak menyebabkan kerusakan mesin yang fatal, hanya saja tetap repot ketika kita harus mengganti timing belt di jalan, karena kita harus melepas kipas dan cover radiator serta mengatur titik top dan menyetel tensioner yang memakan waktu lumayan lama, itupun bagi anda yang sudah mengerti mesin mobil, kalau tidak ya sudah siap2 tambahan anggaran untuk derek mobil ke bengkel. Harga timing belt buatan lokal/ KW sekitaran 100rb-200rb sedangkan harga untuk kualitas Original SGP berkisar antara 250rb - 350rb. Katana saya menggunakan timing bel baru kualitas lokal yang saya beli di bengkel offline seharga 150 ribu rupiah.
Timing Belt Lama yang saya lepas karena ada retak di salah satu gigi.

Demikian postingan saya yang berjudul Amankan Suzuki Jimny-Katana Anda Dari Mogok (Tips Jimny Katana Second) - Part 1. Selanjutnya akan kami lanjutkan lebih lengkap di part 2 di lain kesempatan.
Semoga Tutorial ini bermanfaat, Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop
Toko Online: Partmurah.com

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Amankan Suzuki Jimny-Katana Anda Dari Mogok (Tips Jimny Katana Second) - Part 1

Newest
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar