Home » , , , , , , , , , » Tips Aman Berkendara dengan Mazda MR90, Babby Boomer dan Vantrend (Kelebihan dan Kekurangan Sebelum memiliki Mobil ini)-Part 1

Tips Aman Berkendara dengan Mazda MR90, Babby Boomer dan Vantrend (Kelebihan dan Kekurangan Sebelum memiliki Mobil ini)-Part 1

Assalamualaikum wr.wb. Alhamdulillah wa syukurillah kita masih diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman di Blog Saya http://onnyputranto.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel yang sangat cocok bagi pecinta mobil tua, khususnya owner dari Mobil Mazda MR90, babby boomer, dan Vantrend. 
Mazda MR90
Tampak Depan Mazda MR90


Sekilas tentang mobil Keluarga Mazda MR90, mobil ini memiliki kapasitas mesin 1400CC, SOHC, Masih menggunakan Karburator, Belum injeksi. 
Mobil bermesin UC1400 khususnya keluaran Mazda memiliki banyak kelebihan diantaranya:

A. Kelebihan Mazda MR90, Babby Boomer dan vantrend

1. Mesin Menggunakan Rantai kamrat bukan timing belt sehingga kuat tidak mudah putus.
2. Semua mobil mazda bermesin UC1400 sudah memiliki AC
3. Sudah memiliki booster Rem
4. Pengereman Bagian Depan sudah menggunakan disc Brake
5. Mobil berpengerak roda belakang atau RWD sehingga kerja Tierod, Ball Joint dan Sektor kaki depan lebih ringan dan awet.
6. sudah menggunakan Transmisi 5 Percepatan,1 Atret
7. Bensin Irit
8. Mesin bandel
9. Tampilan tidak terlalu jadul amat.
10. Suspensi Empuk untuk motor di kelasnya, penilaian pribadi saya mirip suspensi mobil eropa di masa itu.
11. Kelebihan lainnya bisa ditambahkan di kolom komentar...hehehehe. 

Selain memiliki banyak kelebihan, keluarga mobil mazda bermesin UC1400 juga memiliki beberapa kekurangan jika anda ingin meminang mobil ini dalam Kondisi Seken, "Jelaslahlah seken, beli barunya juga sudah gak ada", heheheh. Saya akan memberi tips, meminimalisasi kekurangan mobil Mazda MR90 sebagai pertimbangan membeli dan merestorasi mobil ini. Jika Kita Tahu Kekurangan dari Mobil ini, namun kita bisa mengatasinya, Insyaallah Mobil ini (Mazda MR90, babby Boomer, Vantrend) sangat aman dan nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari dan aman untuk bepergian jauh. Berikut ulasan lengkapnya:

B. Yang Harus Perhatikan Saat Membeli dan Merawat Mazda MR90, Babby Boomer, Vantrend

1. Sektor Kaki-kaki
Sektor kaki-kaki mobil Mazda UC1400 di desain menyerupai mobil eropa, khusunya di bagian lobang baut yang menggunakan sistem Bukan Baut Tanam,  Sistem ini memiliki kelemahan diantaranya:
Tromol Standart Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend Sebelum dimodifikasi menjadi baut tanam


- Bagian Ulir/Drat Pada Tromol Sering Slek/Doll, Hal tersebut diantaranya disebabkan karena Usia, Karat, dan pemaksaan pemasangan Velg Di Luar Ukuran Jarak Lubang Baut standart, Ukuran Lubang Baut Velg standart Mobil Mazda UC1400 adalah PCD 110
Cara mengatasi Bagian Ulir/Drat Pada Tromol Sering Slek/Doll yaitu ubah menjadi model baut tanam, dengan memodifikasi menjadi model baut tanam kita akan memperoleh banyak kelebihan diantaranya:
a. Pemasangan/penggantian ban serep ketika terjadi kempes akan lebih mudah.
b. Lebih Kuat
c. Bebas memilih ukuran panjang baut dan pelg.
Ulasan lengkap tutorial dan estimasi biaya sudah pernah saya sajikan dalam postingan berikut ini: https://www.onnyputranto.com/2021/05/mazda-mr90-modifikasi-baut-tanam-pada.html
romol Standart Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend Sesudah dimodifikasi menjadi baut tanam



- Bagian Pengeraman, Pada mobil Mazda MR90, Babby Boomer dan Vantrend sering mengalami permasalahan yaitu rem kurang pakem, rem kempos, rem keras ketika, minyak rem sering habis, dll. Untuk lebih amannya, ketika anda mendapatkan unit dengan kondisi rem seperti itu, sangat dianjurkan lebih baik anda restorasi menggunakan part baru bagian utama pada rem. Bagian Utama Tersebut diantaranya:
a. Kampas Rem belakang (Belum ketemu part substitusi mobil merk lain)
b. Kampas Rem Cakram Depan (Substitusi bisa menggunakan milik Corolla Bungkuk atau Corolla 78)
c. Master Rem Atas, Jika master rem atas bermasalah alangkah baikknya cek dulu bagian karet piston master remnya. Jika kondisi lubang piston master rem masih bagus dan tidak bergelombang, cukup kita ganti piston atau karetnya saja. Substitusi bisa menggunakan milik Ford Laser Ukuran 13/16 namun jika kondisi master rem memang benar-benar rusak sebaiknya ganti Baru, boleh juga ganti seken, asal didapat dari penjual terpercaya dan berani memberi garansi, atau lebih enak lagi jika pennjual bisa dijangkau atau diajak COD, untuk menghindari permasalahan jika barang tidak berfungsi. 
NB: Master Rem Atas MR90 sama dengan Master Rem Atas Babby Boomer namun berbeda dengan Milik Mazda Vantrend.

Karet Seal Master Rem Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend sama dengan Ford laser ukuran 13/16


Master Rem Atas Mazda MR90/Babby Boomer


Piston Master Rem Mazda MR90
d. Bagian Hand Rem, Kebanyakan unit Mazda MR90/Babby Boomer dan Vantrend memiliki Hand Rem/Hand Brake yangtidak  berfungsi dengan baik, diantaranya disebabkan:
- Kabel Hand Brake Putus (Bisa Putus Sebelah, atau putus Keduanya),  Jika demikian, ganti dengan kabel hand rem yang baru milik Mazda MR90 (Substitusi part lain belum ditemukan)
Kabel Hand Rem Mazda MR90/Babby Boomer

- Setelan Kampas Rem Belakang Kurang Menekan/Kurang Nyetut, Jika demikian tinggal putar setelan kampas rem sambil diputar rodanya tentunya dengan posisi ban roda terangkat dongkrak. Letaknya berada di belakang tromol Roda Belakang, gak usah dilepas roda.
Setelan Kampas Rem Belakang


- Setelan Hand Rem Kurang Rapat yang menyebabkan tarikan hand rem menjadi Tinggi, Jika demikian lakukan penyetelan hand brake yang letaknya di bawah back perseneling mobil, atau bisa juga dirubah menjadi hidrolik, suatu saat akan saya buat tutorialnya.
- Bagian Master Rem Belakang
Master rem belakang Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend jika masih bawaan, sering mengalamin kebocoran, jika mengalami kebocoran di sektor karet seal cukup ganti karet sealnya saja, namun jika kondisi lubang piston master rem sudah baret dan rusak sangat dianjurkan mengganti baru. Part persamaan master rem bawah menggunakan Milik Carry 1.0, namun Perlu melakukan modifikasi di Bagian Pipa Oli dan Ulir Drat karena drat bawaan milik Mazda MR90, Babby Boomer dan vantrend adalah drat Kasar, sedangkan Milik Carry 1.0 adalah drat Halus.
Master Rem Belakang

Kret Seal Pada Master Rem Belakang
- Selang Rem Depan
Selang Rem yang sudah tua/melar bisa mempengaruhi daya tekan piston rem cakram depan mazda. Biasanya jika selang rem depan rusak ditandai, ketika rem diinjak akanmuncul suara decitan, atau selang sedikit menggembung. Segera ganti dengan selang Rem Depan Baru, Part substitusi bisa menggunakan milik Truk Mitsubishi Fuso Canter FM215 dengan Kode MC820450 (Drat Kasar).
Drat Selang Rem Fuso Canter FM215 Kode MC820450 (Drat Kasar) 

- Bagian Roda (Velg dan Ban)
Sebelum membeli coba cek kodisi ban, apakah ada yang berbeda ukuran dan merk, atau ada ban yang gecol/tidak melingkar sempurna, atau bisa juga velg mobil yang geol, atau bisa juga setelan roda depan yang kurang pas. Lebih pasnya coba naiki dan gunakan berkendara/test drive jarak sedikit jauh sampai anda benar-benar bisa memastikan kondisi kaki-kaki. Solusi dari permasalahn tersebut yaitu:
- Jika ban sudah aus atau rusak atau gecol silahkan ganti dengan ban baru agar aman, jika bisa buat tubles agar tidak perlu membeli ban dalam/lebih hemat. Merk ban bebas, asal cocok dengan velg. heheheh.
Ban Mobil Untuk Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend


- Jika velg geol atau terasa belok-belok saat digunakan berkendara sebaiknya lakukan Spooring dan balancing di bengkel khusus Spooring dan Balancing, disarankan yang sudah menggunakan teknologi komputer. Spooring untuk memperbaiki posisi ban depan, dan kemudi agar ban tidak cepat aus, spooring biasa dilakukan setelah pergantian tierod dan balljoint. sedangkan balancing adalah menyeimbangkan velg agar tidak geol saat digunakan berkendara.
Proses Spooring


- Bagian Tierod dan Ball Joint
Jika mobil Mazda UC1400 anda mengeluarkan bunyi gluduk dan kadang setir/kemudi terlempar belok sendiri ketika ada gundukan aspal atau tanah, bisa jadi bagian Tierod atau Ball Joint anda sudah rusak. Bagian ini tidak bisa ditawar lagi untuk diganti, disarankan ganti dengan barang baru agar aman saat digunakan berkendara jarak jauh. Part substitusi dengan merk mobil lain belum ditemukan, beberapa bagian di sektor karet pada tierod cocok menggunakan part milik Mitsubishi L300.
Ball Joint Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend

Tie Rod Mazda MR90/Babby Boomer/Vantrend

Itulah ulasan bagian utama yang wajib dicek dan dilakukan perbaikan sebelum membeli atau ketika anda melakukan perawatan rutin pada Mazda MR90/Babby Boomer/ Vantrend. Sementara Cukup sampai disini untuk pengecekan dan perbaikan bagian kaki-kaki, saya akan bahas bagian kelistrikan dan accesories agar mobil ini semakin nyaman dan layak dikendarai saat ini pada part 2 dengan judul Tips Aman Berkendara dengan Mazda MR90, Babby Boomer dan Vantrend (Kelebihan dan Kekurangan Sebelum memiliki Mobil ini)-Part 2

Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat, Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop



If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Tips Aman Berkendara dengan Mazda MR90, Babby Boomer dan Vantrend (Kelebihan dan Kekurangan Sebelum memiliki Mobil ini)-Part 1

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar