Home » , , , , , , , , , , , , , » Restorasi Tangki Handa CG125 Agar Tidak Keropos dan Awet

Restorasi Tangki Handa CG125 Agar Tidak Keropos dan Awet

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah Saya dapat melanjutkan membuat tulisan, yang masih merupakan bagian dari restorasi Honda CG 125 saya. Tulisan kali ini khusus membahas tentang restorasi Tangki Bensin dari Honda CG 125 saya. Bagian selain tangki saat proses restorasi sudah saya bahas pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Restorasi Motor tahan Siksa, Honda CG125 Tahun1976 Part-2, Jika anda belum mengenal spesifikasi dan karakter honda CG, anda bisa baca di tulisan pertama saya yang berjudul Restorasi Motor tahan Siksa, Honda CG125 Tahun1976 Part-1, di postingan tersebut saya ulas sedikit kelebihan, kekurangan, dan sedikit pengetahuan tentang honda CG125. Selanjutnya kita Masuk pada bagian restorasi tangki bensin dari Honda CG125 saya.


A. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang saya gunakan untuk merestorasi tangki Honda CG125 Saya Antara lain sebagai berikut:
Alat:
1. Sikat Baja
2. Kertas Gosok Nomor 250, dan 1000
3.Gerinda
4. Mata Gerinda (Pad Spoon Poles + Kertas Gosok)
Bahan:
1. Cat Semprot, saya gunakan merk Nippon, warna Special Red
2. Cat Clear/ Pernis, saya gunakan merk Samurai Paint
3. Cat Anti Karat Merk Hammerthone
4. Tiner Super
5. Sabun Cair/Shampo
B. Proses Restorasi Tangki
Bagian restorasi tangki CG125 saya ini, adalah bagian yang memakan waktu paling lama saat proses restorasi, proses yang saya lakukan antara lain sebagai berikut:
1. Pengelupasan cat lama dan lapisan dempul dengan cara dibakar sampai bersih, 
2. Setelah dibakar habis maka saya lakukan penggosokan pada bagian permukaan tangki dengan sikat baja sampai saya temukan lubang-lubang yang keropos di bagian bawah tangki, saat itu saya temukan lumayan banyak. 
3. Membersihkan bagian dalam tangki dengan cara memasukkan kerikil, campuran thinner, bensin dan sabun cair/shampo, saya masukkan ke dalam tangki dan saya kocok sampai benar-benar bersih, kemudian saya keluarkan isi bagian dalamnya,
4. Membawa ke tukang las untuk mengelas bagian yang keropos atau berlubang, di tukang las saya disarankan untuk membeli Kuningan dan boras untuk penambalan, karena menggunakan las kuningan lebih rapat dan lebih rapi daripada menggunakan kawat las. 
5. Saya bersihkan bagian dalam tangki sisa hasil pengelasan menggunakan air bersih kemudian saya keringkan dengan cara dipanggang di atas kompor atau dengan bantuan hair dryer,
6. Setelah kering, Masukkan hammertone cat anti karat ke dalam tangki dengan campuran thinner super, larutan cat harus pas tingkat keencerannya, jangan terlalu kental, agar cat hamertone dapat masuk ke pori-pori besi dalam tangki. Jika lapisan pertama sudah kering, lakukan sekali-lagi agar lebih rapat (Saya lakukan proses ini sebanyak 2x)
Masukkan Cat Anti Karat Hammerthone


7. Sambil menunggu Lapisan dalam tangki mengering, Saput dengan spon atau dengan sepetan lapisan luar tangki dengan hammertone, atau bisa juga menggunakan poxy, atau bisa juga menggunakan meni agar karat tidak muncul lagi, pastikan merata.
Bagian bawah tangki, adalah bagian yang paling sering keropos, Disarankan beri lapisan Hamertone Juga


8. Setelah permukaan tangki mengering dan Hammertone sudah tidak lengket, tutup dengan dempul bagian-bagian yang tidak rata pada permukaan tangki atau bagian yang penyok, setelah kering lakukan penggosokan dengan gerinda atau manual, saya melakukan proses  pendempulan dan penggosokkan ini sebanyak 4 kali sampai ditemukan hasil yang benar-benar merata.
Pendempulan Bagian Tangki yang Tidak Rata

9. Setelah penggosokan dempul merata dan halus langsung cat dengan cat semprot, Kebetulan saya menggunakan pilox warna merah dengan kode special red keluaran dari Nippon pilox, saya lakukan sebanyak 4 lapis dengan cara satu lapisan pertama tipis tunggu sampai kering kemudian lapisan kedua lakukan biasa tidak boleh terlalu tebal agar tidak terjadi kelebihan cat pada permukaan tangki, kemudian lapisan ketiga, berlanjut ke lapisan keempat sampai benar-benar permukaan tangki rata.
Jika setelah di cat, masih ada bagian yang tidak rata, silahkan Gosok dan Dempul Kembali

Cat Berulang Sampai Benar-benar Rata
10. Setelah cat rata dan sudah mengeras pada bagian permukaan tangki silakan gosok dengan menggunakan kertas gosok nomor 1000 yang dibasahi dengan air dan campuran sabun colek atau sabun cuci piring, gosoknya Jangan ditekan cukup pelan-pelan saja yang penting permukaan cat merata.
Gosok dengan Kertas Gosok 1000+Sabun Cair/Shampoo
11. Lakukan cat clear atau finishing menggunakan cat Samurai paint di sini Saya memberi tiga lapisan cat Samurai paint dengan cara yang sama sedikit-sedikit tunggu sampai kering baru ditumpang lagi dengan cat yang baru.
12. saya pasang striping untuk mempermanis tampilan tangki, di sini saya menggunakan striping CG 110 karena saya suka modelnya. 
Striping Honda CG110 Tahun 1980

Pemasangan Striping Honda CG125
13. pasang emblemnya jangan diisi bensin dulu ya Sampai Nanti tangki dan bagian-bagian lain terpasang menjadi satu dalam motor Anda.
Pemasangan Emblem pada Tangki...Tambah Manis Euyyy
 
Kemudian geser ke tutup tangki, saya memberikan tutup tangki yang baru karena tutup tangki lama penutup lubang kuncinya sudah tidak berfungsi sehingga Jika datang hujan air mudah masuk ke dalam tangki saya belikan milik Honda CG yang model Chrome.
Tutup tangki model clasic, chrome, semakin menambah kesan retro.
Hasilnya, ketika tangki dipasang di motor honda CG125 Saya seperti ini.
Finish

Demikian artikel saya yang berjudul Restorasi Tangki Handa CG125 Agar Tidak Keropos dan Awet, semoga memberi manfaat dan tambahan wawasan baru. 
UPDATE - Saya sajikan proses restorasi dalam bentuk Video, bisa anda simak berikut ini:


Nanti kita akan lanjut ke tahap berikutnya (part-3) restorasi honda CG125 yang membahas tentang kelistrikan dan Pengapian, yang akan saya sajikan pada postingan yang berjudul, Restorasi Motor tahan Siksa, Honda CG125 Tahun1976 Part-3
Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop
Toko Online: Partmurah.com

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Restorasi Tangki Handa CG125 Agar Tidak Keropos dan Awet

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar