Home » , , , , , » Cara Membuat PSB (Photosynthetic Bacteria) dengan Benar

Cara Membuat PSB (Photosynthetic Bacteria) dengan Benar

Assaamualaikum wr.wb, alhamdulillah pada kesempatam ini kita masih diberi kesempatan kembali untuk berbagi dan belajar bersama. Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk meluangkan hobi dan mengisi kegiatan positif salah satunya dengan bercocok tanam. Zaman sekarang  semakin banyak orang memperhatikan kesehatnnya, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sayur-sayuran atau buah-buahan yang diproses secara organik, namun masih banyak orang yang kesulitan tempat yang menjual sayur atu buah-buahan yang diproses secara organik. Karena hal tersebut, mungkin kita bisa memanfaatkan halaman untuk bercocok tanam secara organik. Kalangan petani organik menggunakan pupuk, herbisida, pestisida dan obat-obatan tanaman secara organik. Salah satu bahan organik yang banyak dikenal di kalangan petani untuk membantu pertumbuhan tanaman adalah PSB atau yang lebih dikenal dengan sebutan Photosynthetic Bacteria atau bacteri photosintesis.Tutorial ini akan membahas secara detail proses dan Cara Membuat PSB (Photosynthetic Bacteria) dengan Benar.

PSB Hasil Experiment Onnyputranto.com


Sebelum kita melangkah ke Langkah-langkah/ Cara Membuat PSB alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu Manfaat dan Kegunaan PSB.

A. MANFAAT DAN KEGUNAAN PSB
PSB bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan juga peternakan, secara mendetail akan saya bahas sebagai berikut.
a. Manfaat PSB Bagi Pertanian/ Tanaman
1. PSB dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman, ditambah lagi PSB dapat meningkatkan sistem imun tanaman. 
2. Bakteri yang dihasilkan dari pembuatan PSB memiliki kemampuan menangkap cahaya matahari yang sangat berguna dalam proses fotosintesis tanaman.
3. PSB dapat mempercepat pertumbuhan tanaman.
4. Meningkatkan  kualitas rasa buah
5. Meningkatkan pertumbuhan akar 
6. Mengurangi Biaya Pupuk Kimia
7. Sebagai sumber mineral asam amino, asam nukleat,
8. Membantu menambahkan nitrogen ke tanaman
9. Membantu menambahkan gas hidrogen sulfida di dalam tanah dari proses dekomposisi bahan organik.

b. Manfaat PSB pada ternak dan ikan :
1. Membantu mengurangi gas dan limbah di tempat penampungan hewan.
2. Penambahan pada nutrisi mampu menambah berat badan ternak dan ikan.
3. Kualitas warna dan rasa daging menjadi lebih baik.
4. Membantu melindungi hewan dari bakteri jahat.

Itu tadi beberapa manfaat dan kegunaan PSB di bidang pertanian dan peternakan, pembahasan selanjutnya langsung ke Experimen Saya tentang Cara Membuat PSB dengan benar.

B. CARA MEMBUAT PSB
Pada point B saya akan membahas bagaimana cara membuat PSB mulai dari Alat dan Bahan yang harus disiapkan untuk membuat PSB, dan Proses pembuatan secara detail. Berikut ulasannya!

a. Alat dan Bahan
1. Botol Air Mineral ukuran 1500ml Bening 3 Buah
2. 1 Butir Telur Ayam.
3. 1 Sendok makan Vetsin
4. Air Kolam Lele, dari kolam lele yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.
5. Wadah
Alat dan Bahan Pembuatan PSB



b. Proses Pembuatan PSB
1. Campur Vetsin dan 1 butir telur, aduk hingga rata.

2. masukkan air kolam lele ke dalam botol air mineral, sisahkan ruang sedikit untuk campuran telur vetsin dan udara seperti gambar tersebut


3. Masukkan campuran Micin+Telur ke dalam Botol yang berisi air kolam lele 


4. Kocok Campuran Vetsin, Telor, dan Air Lele


5. Jemur di Bawah Terik Matahari
Sampai langka ke 5, berarti kita sudah menyelesaikan proses pembuatan PSB sesuai experiment yang saya lakukan. Berikutnya kita akan melihat perkembangan PSB. PSB berhasil dikembangbiakkan apabila terjadi perubahan warna diantaranya warna merah, hijau, atau ungu.  Pada point berikutnya kita akan melihat proses sampai larutan berubah warna.
NB: Setiap hari dilakukan pengocokan, agar proses pengembangbiakkan lebih cepat, setelah itu biarkan dibawah terik matahari

C. PROSES PERUBAHAN WARNA DAN HASIL EKSPERIMEN
Hari Pertama Penjemuran larutan (Tidak Ada Perubahan warna)

Hari Ke-4 Penjemuran larutan (Muncul endapan)

Hari Ke-11, Botol Tengah Mulai Berubah warna Menjadi Coklat

Hari Ke-15 (Berhasil Hanya di Botol Tengah) Botol Tengah Sudah berubah warna menjadi Merah artinya pengembang biakan bakteri PSB Berhasil.

D. DOSIS DAN APLIKASI PADA TANAMAN
1. Jumlah takaran perbandingan antara PSB dan Air untuk tanaman adalah 1 PSB : 10 Air jadi jika dicontohkan, 1 ml PSB : 10 ml Air.  Campuran tersebut disemprotkan pada daun, batang, serta tanah sekitar tanaman.

2. Jumlah takaran perbandingan antara PSB dan Air untuk kolam Lele yang saya lakukan di kolam lele saya adalah 500 ml PSB : Kolam Ukuran -Panjang: 2,5 Meter x Lebar: 0.75 Meter x Kedalaman :0.75 Meter.  Larutan PSB Bisa langsung dicampurkan ke dalam kolam ketika pergantian air.

NB: Pada hari ke-15, jumlah PSB dalam botol tengah berkurang, karena sempat saya campurkan sedikit ke dalam botol kiri dan kanan, karena botol kiri dan kanan selama 15 hari sangat lambat dalam perubahan warna. Pencampuran ditujukan untuk mempercepat proses pengembangbiakkan bakteri,

Demikian artikel saya tentang tutorial dan experimen bagaimana Cara Membuat PSB (Photosynthetic Bacteria) dengan Benar. Semoga artikel ini bermanfaat. Video tutorial dan experimen akan segera saya buatkan secara mendetail, dan akan saya upload di channel youtube saya di Youtube : Onny Putranto.
Jangan lupa juga Subscribe, Like, Komen, jika perlu nyalakan lonceng di channel youtube saya, agar kita dapat saling berbagi tips dan belajar bersama tentang berbagai macam pengetahuan yang bermanfaat. Terima kasih.

Saya sajikan video tutorial pembuatan PSB beserta Cara pengaplikasinya pada tanaman, jangan lupa, subscribe chanel Onny Putranto, karena subscribe itu gratis!!! Buruan.




If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Cara Membuat PSB (Photosynthetic Bacteria) dengan Benar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

12 komentar:

  1. Banyak ilmu pengetahuan yang bisa diambil hikmah disini, saya sendiri belajar salah satunya dari mas onny yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sharing di kantor, selalu berbagi ilmu pengtahuan baru

      Hapus
  2. wah berkunjung kesini jadi nambah pengetahuan baru
    termasuk cara membuat PSB ini

    BalasHapus
  3. Sejujurnya saya baru tahu lho PSB ini mas. dan ternyata khasiatnya banyak ya utk herwan ternak. Tetap semangat mas dalam berkreasi karena berguna untuk hidup masyarakat sekitar

    BalasHapus
  4. wah keren, bikin Photosynthetic Bacteria sendiri dari telur, micin dan air lele
    selama ini saya cuma tahu pakai air tembakau
    sukses urban farmingnya ya

    BalasHapus
  5. lalu hari ke berapa nih Mas percobaan botol kanan dan kiri berhasil juga? Semuanya berhasil kan? anyway baru tahu lho tentang PSB ini.

    BalasHapus
  6. aku juga piara lele sih mas. kapan2 mau coba bikin PSB jugak.
    semoga berhasiiilll

    BalasHapus
  7. Eksperimen yang pernah saya lakukan pocariswet, Yakult, telur dan air. Sama dikocok dan simpan di wadah tertutup.
    Atau kalau ada nasi sisa juga bisa. Simpan sampai jamur oncom nya keluar dan campur air disiramkan

    BalasHapus
  8. Saya sudah pernah dengar istilah PSB ini, bahkan pernah saya posting di website pribadi saya. Berarti tujuan PSB itu untuk menghasilkan bakteri fotosintetik ya kak Oni?

    BalasHapus
  9. sumpah, baru kali ini tahu istilah PSB, ternyata bikinnya mudah dan khasiatnya bagus utk peternak hewan seperti lele. Ilmu baru nih, minimal kalau mau ternak lele jadi tahu cara meracik PSB

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu nih ada kayak gini hehe. Terima kasih infonya tentang PSB ini jadi membuka wawasan baru

    BalasHapus
  11. Wahhh manfaat yang diberikan ternyata bisa banyak hal sekaligus dalam satu kali pemberian, bagus banget nih. Bahkan bahan dan cara pembuatannya pun berasal dari rumah, untungnya ak ada kolam lele. Jadi kalau mau buat tinggal praktek langsung nih hhe

    BalasHapus