Home » , , , , , » 5 Cara Melacak Kamera Pengintai Tersembunyi

5 Cara Melacak Kamera Pengintai Tersembunyi


Kamera pengintai memiliki fungsi utama sebagai sistem keamanan terhadap bahaya kejahatan, tapi terkadang ada pula oknum atau pelaku kejahatan justru menggunakan CCTV untuk melakukan kejahatan. 


Pada beberapa kasus, terbukti pelaku kejahatan sengaja memasang kamera tersembunyi untuk merekam kegiatan dan melanggar privasi orang lain. Tidak hanya di tempat-tempat khusus seperti toilet umum, ruang ganti pakaian dalam mal atau toko, terkadang ditemukan juga di ruang-ruang dalam sekolah, atau bahkan di dalam rumah tanpa Anda ketahui.


Kejahatan semakin merajalela dan pelakunya merasa terbantu dengan kecanggihan teknologi. 


Hal ini menempatkan teknologi seperti dua mata pisau yang bisa membantu perkembangan kehidupan ke arah yang lebih baik, namun di saat yang sama juga dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. 


Pada jenis-jenis kamera CCTV tertentu, yang berukuran kecil dengan fitur-fitur canggih, sangat mungkin ditempatkan di lokasi tersembunyi untuk mengintai dan melanggar privasi Anda. Untuk itu, Anda wajib tahu cara melacak kamera yang mungkin sengaja disembunyikan dan berada di sekitar Anda, untuk merekam aktivitas pribadi dan mengganggu privasi.

Cara Melacak Kamera Pengintai Tersembunyi di Sekitar Anda

Kejahatan mengintai tidak kenal waktu dan bisa kapan saja terjadi. Pastikan Anda tidak lengah, selalu bertindak waspada dan hati-hati saat berada di mana saja, terutama ketika berada di tempat umum. 


Lakukan pemeriksaan dan pengecekan jika Anda akan melakukan sesuatu yang bersifat pribadi di tempat umum. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kamera yang mungkin sengaja disembunyikan dengan tujuan kejahatan.

  1. Melakukan panggilan seluler

Kamera pengintai umumnya menggunakan frekuensi radio khusus. Jika Anda melakukan panggilan telepon di lokasi di mana telah ditempatkan CCTV tersembunyi, biasanya sinyal telepon seluler Anda akan terganggu. 


Meski di beberapa area tertentu memang mengalami kesulitan mengakses sinyal seluler, tapi tidak ada salahnya Anda waspada dan mulai jeli mencari kamera yang mungkin sengaja disembunyikan oleh pelaku kejahatan di sekitar Anda.

  1. Memindai Wi-Fi

Umumnya CCTV terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk menampilkan gambar secara real time. Anda bisa mengunduh aplikasi pemindai Wi-Fi dan menonaktifkan Wi-Fi pada perangkat telepon seluler atau gawai lainnya yang sedang digunakan. 


Tujuannya adalah untuk mencari keberadaan perangkat selain gawai milik Anda yang menggunakan Wi-Fi. Jika aplikasi menangkap sinyal IP camera, maka sudah dipastikan dalam ruang tersebut terdapat kamera tersembunyi yang sengaja diletakkan untuk mengintai aktivitas Anda. 


Mulailah memeriksa lingkungan sekitar dengan teliti, Anda mungkin akan menemukan kamera yang sengaja disembunyikan di salah satu sudut ruangan.

  1. Aplikasi Deteksi Kamera

Terdapat banyak aplikasi pendeteksi berbagai jenis-jenis kamera CCTV tersembunyi yang bisa Anda unduh di ponsel. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mendeteksi infra merah yang terpasang pada kamera CCTV tersembunyi dengan bantuan flash kamera ponsel. 

Jika sinar infra merah tertangkap oleh kamera ponsel, maka aplikasi akan memunculkan peringatan berupa notifikasi atau alarm berbunyi. Anda bisa mudah menemukan letak kamera CCTV yang sengaja disembunyikan untuk mengintai aktivitas Anda.

  1. Matikan Lampu Ruangan

Cara sederhana ini terbukti sangat efektif untuk menemukan kamera pengintai tersembunyi. Anda hanya perlu mematikan lampu dan mulai melihat dengan teliti ke seluruh bagian dalam ruangan tempat Anda berada. 

Gunakan senter untuk memeriksa posisi atau sudut tertentu yang Anda curigai. Jika Anda menemukan cahaya reflektif dari suatu objek, bisa jadi itu adalah kamera tersembunyi yang mengintai aktivitas pribadi Anda.

  1. Periksa cermin

Cermin merupakan salah satu lokasi yang biasanya digunakan untuk menyembunyikan kamera CCTV untuk mengintai aktivitas dalam ruangan.

Jika Anda menggunakan toilet umum atau kamar pas pakaian atau mungkin ketika dalam kamar hotel, periksalah di sekeliling cermin yang terpasang di sana. 

Tempelkan satu jari Anda ke permukaan cermin. Jika terdapat jarak antara jari Anda dengan pantulan, maka cermin tersebut adalah cermin biasa. Apabila pada cermin tidak terdapat jarak pantulan, maka itu artinya cermin tersebut adalah cermin dua arah yang wajib Anda waspadai karena CCTV bisa saja ditempatkan di balik cermin tersebut. Cermin dengan frame besar dan tebal juga perlu diwaspadai, karena terdapat rongga di baliknya yang bisa digunakan sebagai tempat meletakkan CCTV tersembunyi.

Hikvision ColorVu, Kamera Pengintai untuk Sistem Keamanan Terbaik

Meskipun pelaku kejahatan menggunakan kamera pengintai untuk tindakan kejahatan, namun fungsi utama CCTV adalah sebagai sistem keamanan dan upaya pencegahan terjadinya aksi kejahatan. Untuk itu, pemasangan kamera CCTV tetap dibutuhkan guna melengkapi sistem pengamanan gedung atau area pemukiman. Hikvision ColorVu hadir untuk kebutuhan pencegahan kejahatan di lingkungan tempat tinggal, ruang usaha, atau di fasilitas umum. Anda dapat memanfaatkan keunggulan dan teknologinya melalui fitur-fitur canggih sebagai berikut.


  • Rekaman dalam warna terang sepanjang hari

  • Hasil zoom terbaik

  • Resolusi gambar sampai 4K

  • Perangkat cerdas dari gabungan teknologi ColorVu dan AcuSense


Kamera pengintai yang diletakkan tersembunyi seharusnya digunakan untuk merekam kejadian yang patut dicurigai sebagai tindak kejahatan dan bukan merupakan alat kejahatan itu sendiri. 


Namun, Anda tidak boleh lengah, tetap harus waspada, dan tidak ada salahnya selalu bersikap hati-hati ketika berada di tempat-tempat umum. Gunakan CCTV Hikvision ColorVu sesuai fungsi sebenarnya dan tingkatkan keamanan dengan menempatkannya di lokasi-lokasi rawan kejahatan. Cek keunggulan produk selengkapnya di link berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/colorvu-products/

If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading 5 Cara Melacak Kamera Pengintai Tersembunyi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar