Home » , , , , , , , , , , , » Cara Menggabungkan Banyak File Excel Menjadi Satu File dan Satu Sheet dalam Waktu Singkat

Cara Menggabungkan Banyak File Excel Menjadi Satu File dan Satu Sheet dalam Waktu Singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah hari ini saya masih diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan ilmu baru yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda, khususnya untuk para pekerja kantor yang berkecimpung dengan dunia Excel. Kali ini saya membuat tutorial tentang cara menjadikan beberapa file Excel menjadi satu file Excel dan juga menjadi satu sheet Excel. 

Tutorial dalam artikel ini sebenarnya terbagi menjadi dua tutorial, yang saya jadikan menjadi satu tutorial. yaitu Tutorial menjadikan banyak file excel menjadi 1 file, dan Tutorial menjadikan banyak sheet menjadi 1 sheet gabungan. 
Tutorial ini saya buat Berdasarkan pengalaman saya yang beberapa hari lalu saya alami. Saat itu saya mendapat tugas dari atasan untuk menjadikan satu file Excel yang terpisah, terdiri dari 24 file Excel, masing-masing file Excel berisi kurang lebih 1000 data atau 1000 baris nama identitas orang. Jika saya melakukan secara manual, dengan cara copy paste dari satu file ke file yang lain untuk menjadikan satu file maka akan memakan waktu yang sangat lama, karena itu saya harus memutar otak, untuk mencari cara agar pekerjaannya lumayan memakan waktu tersebut bisa saya selesaikan dalam waktu Sekejap.
Selanjutnya Mari kita masuk ke pembahasan utama.
Langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum menjadikan banyak file menjadi satu file adalah sebagai berikut:
1. Letakkan file-file yang banyak tersebut dalam satu folder  (meskipun file yang filenya itu banyak, tapi urutan kolom atau dari semua file itu sama).


2. Langkah berikutnya, kita jadikan seluruh file yang terpisah dalam kasus ini (24 file) menjadi satu file. Namun meskipun file yang banyak tersebut, sudah berada dalam satu file, sheet dalam file gabungan tersebut masih terpisah, sehingga nantinya akan terbentuk satu file yang terdiri dari 24 sheet yang berbeda. 
Langkah berikutnya buka tautan berikut: 
Halaman Utama


Penggabungan Maksimal 10 File

kemudian upload file-file yang akan anda jadikan satu terlebih dahulu, maksimal mengupload untuk sekali upload adalah 10 file. Dengan demikian nanti akan terbentuk 3 file gabungan karena jumlah file dalam praktik uji coba saya ada 24 File. 


Nantinya di akhir 3 gabungan tadi, akan digabung lagi menjadi satu file akhir dengan isian 24 sheet yang berbeda.
Proses Penggabungan 3 File gabungan


3. Buka file akhir yang sudah berisi 24 set gabungan tadi, aktifkan kursos pada sheet paling awal, karena nanti file gabungan akan muncul sebelum sheet paling awal, kemudian tekan alt+f11 untuk masuk ke macro editor.
Sheet Paling Awal

ALT+F11 (Tampilan Macro Editor)

4. Pilih menu Insert+Module
Pilih Insert+Module

5. Buka file, new copykan paste kode berikut ini,

Sub Combine()
'UpdatebyExtendoffice
Dim J As Integer
On Error Resume Next
Sheets(1).Select
Worksheets.Add
Sheets(1).Name = "Combined"
Sheets(2).Activate
Range("A1").EntireRow.Select
Selection.Copy Destination:=Sheets(1).Range("A1")
For J = 2 To Sheets.Count
Sheets(J).Activate
Range("A1").Select
Selection.CurrentRegion.Select
Selection.Offset(1, 0).Resize(Selection.Rows.Count - 1).Select
Selection.Copy Destination:=Sheets(1).Range("A65536").End(xlUp)(2)
Next
End Sub


6. setelah itu klik Tanda Run atau tanda Play, maka akan terbentuk sheet baru yang merupakan gabungan dari 24 sheet yang berbeda tadi di kolom di sheet paling sebelah kiri.

Tekan Play

6. Setelah itu, akan muncul sheet yang terletak paling awal dengan nama sheet Combined yang merupakan gabungan dari seluruh sheet (24 sheet).

Sheet gabungan (Combined) terakhir berada paling kiri


7. Selesai.

Jika anda ingin melihat versi video atau praktiknya, bisa anda lihat disini:


Jangan lupa, Dukung terus blog dan Channel Youtube saya, agar kami semangat terus dalam berkarya dan total dalam menyajikan artikel yang berkualitas, cukup dengan dengan, Follow, Subscribe, Like dan Comment pada sosial media saya berikut:
Youtube : Onny Putranto 
Instagram: @onnyputranto212
Facebook: Onny Putranto
Google Business: Arzan Servis Laptop
Toko Online: Partmurah.com


If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Subscribe via RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Tutorial IT by Email Thanks for reading Cara Menggabungkan Banyak File Excel Menjadi Satu File dan Satu Sheet dalam Waktu Singkat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar